SALMIATUN

Selamat Datang di Blog miya. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar
SELAMAT DATANG DI BLOG MIYA

Rabu, 24 Mei 2023

WORKSHOP "PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSI"

 Hari ini!!!!!!!!!!!!!

     Pada hari Sabtu, tanggal 20 Mei 2023 saya mengikuti kegiatan yang luar biasa dan menyenangkan yaitu Wisata Digita Guru tentang pembuatan media pembelajaran digital berupa menulis berita, menulis blog untuk guru, dan wordwall sebgagai ganti tugas untuk siswa secara online. Kegiatan ini dilaksanakan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kota Singkawang dan didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, serta Bapak Helmi Fauzi,SH Dewan Pendidikan Kota Singkawang. Kegiatan ini di laksanakan di Teratai Indah pada pukul 08.00, diikuti dari berbagai guru di sekolah Kota Singkawang dan kuota untuk peserta sangat terbatas yaitu hanya 100 peserta. Kegiatan Wisata Digital Guru dibuka oleh Bapak H. Safari Hamzah, S.Ag.,M.Si. Beliau memberi sedikit kata sambutan bahwa kita sebagai guru wajib membaca buku setiap harinya dan tidak menjadikan teknologi sebagai alat yang mengendalikan diri kita. Karena otak kita jauh lebih baik dari teknologi yang ada di depan kita saat ini. Oleh karena itu kita sebagai guru harus menjadi guru yang kreatif dan inovatif agar menjadi guru yang patut diteladani oleh siswa.

    Pada materi pertama yaitu diisi oleh Bapak Helmi Fauzi, SH Dewan Pendidikan Kota Singkawang. Beliau memberi materi tentang teknologi dari zaman purba hingga zaman sekarang yang disebut dengan era digital. Beliau memberi materi dengan tanya jawab kepada peserta yang menggunakan bahasa inggris, sehingga suasana dalam kegiatan ini pun menjadi antusias dan mendebarkan. (hehe)

     Pada materi kedua diisi oleh Bapak Suhendra, S.Sos (editor suarakalbar.co.id). Beliau memberi arahan dan materi tentang "pelatihan menulis berita dengan gaya jurnalistik". Ternyata menulis berita itu tidak semudah yang kita baca di media (baca:koran). Ada tahapan khusus agar berita kita bisa disetujui ke media. 

    Pada materi ketiga yaitu pembuatan blog yang diberikan oleh Bapak Andri Suwandi, S.Pd. Materi ini banyak sekali manfaatnya karena di blog bisa kita tulis tentang kegiatan kita di sekolah ataupun kegiatan di luar sekolah.

      Pada materi keempat adalah wordwall yang disampaikan oleh Bapak Arie Tiyawarman, S.Pd yaitu media tugas/soal latihan yang bermacam-macam bisa kita buat. Wordwall ini merupakan tugas online untuk siswa ketika siswa belajar daring (belajar di rumah). Jadi tugas tidak serta-merta ada di buku, guru bisa sekreatif mungkin memberikan tugas kepada siswa agar siswa mengerjakan tugas tidak bosan dan menjadi menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar